Sabtu, 12 April 2014

Unsur, Senyawa dan Campuran

Materi

Semua benda yang ada disekeliling kita tersusun dari mater. Manusia pun tersusun atas materi. Jadi, materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa. Materi dapat berwujud padat, cair dan gas. Materi dikelompokkan menjadi dua, yaitu : zat tunggal dan campuran.

Tabel Perbedaan Zat Padat, Cair dan Gas :



Zat Tunggal : adalah materi yang seluruh bagiannya tersusun atas komposisi yang sama. Zat tunggal tersusun atas satu jenis molekul atau satu jenis atom. Zat tunggal dibagi menjadi 2 macam yaitu, Unsur dan Senyawa. Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diubah lagi menjadi zat yang lebih sederhana, Unsur teridir dari unsur logam dan non logam. Berikut adalah contoh unsur logam dan non logam.


Gambar contoh unsur logam :

(Besi)

(Emas)

sedangkan Senyawa adalah zat yang dapat diuraikan menjadi dua zat atau lebih dengan cara kimia. contoh dari senyawa adalah : 



Campuran : hasil penggabungan antara dua atau lebih zat yang berbeda tanpa terjadinya reaksi atau perubahan kimia. Masing-masing dari zat tidak bereaksi secara kimia satu sama lain. Maka dari itu, masing-masing campuran dapat dipisahkan kembali dari campuran. Campuran dibagi menjadi 2, Campuran Homogen dan Campuran heterogen. Campuran Homogen adalah suatu materi yang terdiri dari dua zat atau lebih dan masih memiliki sifat zat asalnya. Campuran Heterogen adalah suatu materi yang terdiri dari dua zat yang tidak dapat bercampur sempurna. sehingga dapat dikenali zat penyusunnya. . 

Contoh-contoh dari campuran homogen adalah : larutan gula, larutan garam, larutan sirup 

Larutan tersusun atas pelarut (solvent) dan terlarut (solute). Pelarut yang banyak digunakan adalah air. Senyawa lain yang dapat digunakan sebagai pelarut adalah pelarut organik, contohnya kloroform dan alkohol. Dalam larutan, ukuran partikel zat terlarut sangat kecil dengan diameter kurang dari 1nm sehingga tidak dapat dilihat walaupun menggunakan mikroskop ultra. Oleh karena itu, larutan terlihat sama yang membuat solvent dan solute tidak dapat dibedakan. 

Contoh-contoh dar campuran heterogen adalah : kopi, susu, santan. 

contoh gambar dari Campuran : 

(Air Laut)

Perbedaan Unsur, Senyawa dan Campuran 






0 komentar:

Posting Komentar